Kok Bola Sepak Lokal Suka Ricuh?

Pentas olahraga kerap mempunyai kisah yang aneh dan tidak ada ujungnya. Setiap Sport terdapat masalah-masalah yang menyamperi maupun tercipta seiring dengan perkembangan olahraga itu sendiri.

Dialog penulis waktu ini seputar dunia bola kaki lokal. Kita sudah mengerti bahwa sejarah sepak bola domestik telah lumayan lama, Persatuan Sepak Bola Indonesia maupun yang kerap diingat dengan PSSI muncul saat tahun 1930an. Walaupun begitu, pesepakbola domestik berlomba di ajang internasional perdana pada era 1938.

Mulai masuknya bola kaki nasional, PSSI baru meciptakan kompetisi di abad 1979-1980 memakai sebutan Liga Sepak Bola Utama. Bola Kaki Indonesia bisa dibilang amat muda. Banyak insiden sebagaimana disanksinya Persatuan Sepak Bola Indonesia sama FIFA, serta insiden mengatur keputusan kontes.

Selain itu, para pendukung Indonesia juga menambah kontroversi proses sejarah sepak bola nasional. Para fans Indonesia diketahui kasar, bertepatan laga yang berjalan, para supporter club yang tidak terima dengan keputusan wasit kerap menyebabkan kecauan seperti sama-sama melabrak antar supporter dan juga merusak sarana lapangan. Tidak sedikit keributan tersebut membuat sekelompok fans kedua club berakibat sangat memilukan, dimana ada yang wafat atau luka berat.

Di sisi lain ada pula para penghasut yang mengakibatkan pertandingan semakin rusuh, laga Indonesia sendiri kurang diawasi. Sehingga, terdapat para pendukung yang sudah menyiapkan senjata, jikalau keputusan laga tak berakhir dengan keinginan pendukung atau menganggap kesal.

Kok Bola Sepak Lokal Suka Ricuh?

Selain itu, tidak jarang hakim lapangan yang juga meperburuk keadaan. Sejarah Indonesia terbilang cukup prematur untuk dunia sepak bola, maka dari itu para wasit tak terasuh dengan baik. Benar, Indonesia terdaftar kedalam FIFA, tetapi para pemimpin pertandingan yang mengawal ajang Liga, lazim kali dibawah kriteria FIFA, dan juga terdapat unsur wasit yang dibayar oleh salah satu mafia club.

Kericuhan di bola kaki domestik patut dihentikan, sehingga para penonton yang tidak membikin keributan bisa enjoy proses kompetisi dengan nyaman dan terjamin. Hukum yang keras pada laga juga perlu dibuat agar kondisi selalu kondusif.

Baca Juga : Prediksi Leicester Vs Arsenal 10 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here