Mengapa Bola Kaki Indonesia Kerap Cekcok?

Pentas olahraga selalu mengantongi kisah yang aneh dan tidak ada ujungnya. Setiap olahraga pasti ada masalah-masalah yang menyamperi atau tercipta sejalan melalui perkembangan olahraga itu sendiri.

Pembicaraan Soccer36 saat ini sekitar dunia bola kaki lokal. Dunia telah mengetahui bahwa sejarah sepak bola lokal telah lumayan panjang, Persatuan Sepak Bola Indonesia ataupun lazim diketahui dengan PSSI masuk pada abad 1930an. Sedangkan, pemain domestik mengikuti kompetisi internasional pertama kali pada musim 1938.

sejak munculnya sepak bola domestik, PSSI baru menghadirkan Laga Sepak Bola dari abad 1979 dengan nama Liga Sepak Bola Utama. Sepak bola Indonesia bisa dikatakan amat baru. Banyak kejadian seperti mana dipenaltinya Persatuan Sepak Bola Indonesia oleh FIFA, serta kejadian merekayasa hasil kontes.

Terlepas dari PSSI, sekelompok pendukung Indonesia juga menambah kontroversi proses kisah bola kaki lokal. Para supporter Indonesia dikenal kasar, seiring pertandingan yang berjalan, sekelompok pendukung club yang tak ikhlas dengan hasil pemimpin pertandingan sering membuat kerusuhan sebagaimana baku melabrak antar pendukung dan juga merusak fasilitas lapangan. Tidak jarang keributan tersebut membuat para supporter kedua klub berakibat sangat tragis, dimana ada yang meninggal atau luka berat.

Di sisi lain banyak pula para penghasut yang membikin laga semakin panas, laga Indonesia sendiri kurang kawal. Karena itu, ada para fans yang telah membawa alat rusuh, alih-alih bila keputusan pertandingan tak berakhir dengan kemauan supporter atau merasa patah hati.

Mengapa Bola Kaki Indonesia Kerap Cekcok?

Diluar dari itu, tidak jarang pemimpin pertandingan yang juga meperburuk keadaan. Riwayat Indonesia termasuk cukup muda untuk pentas bola kaki, maka dari itu ada beberapa wasit tak terbentuk dengan bermutu. Benar, Indonesia terdaftar kedalam FIFA, tetapi sekelompok hakim lapangan yang mengawal ajang Liga, sering kali kurang dari standart FIFA, serta ada unsur wasit yang disogok oleh beberapa mafia club.

Kekacauan di bola sepak Indonesia haruslah dihentikan, maka para penonton yang tidak menyebabkan kecauan dapat menikmati jalan kompetisi dengan nyaman dan terjamin. Hukum yang kuat di dalam kontes juga harus diciptakan supaya kondisi selalu aman.

Baca Juga : Prediksi Everton Vs Norwich City 23 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here