Mengapa Sepak Bola Lokal Sering Ribut?

Dunia olahraga suka memiliki drama yang fenomenal dan tak ada habisnya. Setiap olahraga banyak kasus-kasus yang mendatangi ataupun terwujud seiring dengan evolusi sport itu sendiri.

Pembahasan Soccer36 kali ini sekitar panggung bola kaki domestik. Kita sudah mengerti bahwa asal-usul bola kaki domestik telah cukup panjang, Persatuan Sepak Bola Indonesia atau biasa dikenal dengan PSSI berdiri saat era 1930an. Walaupun begitu, pesepakbola Indonesia mengikuti laga internasional perdana pada tahun 1938.

Mulai terciptanya bola kaki Indonesia, Indonesia baru menghadirkan kompetisi dari abad 1979-1980 dengan panggilan GALATAMA. Sepak bola Indonesia dapat dikatakan sangat muda. Banyak insiden seperti dipenaltinya PSSI sama FIFA, dan juga insiden merekayasa hasil kontes.

Terlepas dari PSSI, sekelompok pendukung Indonesia juga menambah pertengkaran perjalanan sejarah bola kaki nasional. sekelompok supporter Indonesia diketahui rusuh, bertepatan kompetisi yang berjalan, para pendukung club yang tak ikhlas dengan keputusan hakim lapangan sering membikin kecauan seperti mana sama-sama menghajar antar supporter dan juga merusak sarana stadium. tak jarang kerusuhan tersebut membikin para fans kedua klub berakhir amat tragis, dimana terdapat yang wafat atau cedera parah.

Di sisi lain terdapat juga sekelompok provokator yang mengakibatkan kompetisi semakin rusuh, pertandingan lokal sendiri kurang kawal. Karena itu, terdapat para supporter yang sudah menyiapkan alat rusuh, alih-alih bila keputusan kompetisi tidak sesuai kemauan fans atau menganggap patah hati.

Mengapa Sepak Bola Lokal Sering Ribut?

Di sisi lain, tidak sedikit pemimpin pertandingan yang juga meriwehkan keadaan. Sejarah Indonesia termasuk lumayan prematur untuk panggung bola sepak, sehingga banyak pemimpin pertandingan tak terbentuk dengan bermutu. Benar, Indonesia tercatat dilist FIFA, hanya saja sekelompok hakim lapangan yang memimpin laga Liga, sering kali kurang dari kriteria FIFA, dan juga terdapat unsur wasit yang dibayar oleh beberapa mafia club.

Kekacauan di bola sepak Indonesia layak distop, maka para penonton yang tak menyebabkan keributan bisa enjoy jalan kontes dengan nyaman dan senang. Hukum yang kuat pada kompetisi juga mesti dibuat agar kondisi selalu mendukung.

Baca Juga : Prediksi Newcastle Vs Bournemouth 20 November 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here